Senin, 18 Juni 2012

Memahami Sembelit

Bismillah,
Banyak orang tidak mengerti bahwa berbagai penyakit sering terjadi akibat sembelit, di antaranya adalah: Kolesterol, asam urat, hypertensi (tekanan darah tinggi), tukak lambung/maag, typhus, kanker, stroke, rambut rontok, badan bau, kulit kering dan bersisik, bermutu (berwajah mulai tua-dari usianya), obesitas (kegemukan), insomnia (susah tidur), kanker, polip usus, bahkan susah punya keturunan (anak). Ketika masyarakat mengalami salahsatu atau beberapa penyakit tersebut, mereka langsung melakukan terapi atas penyakit tersebut tetapi mengabaikan sebab utama dari penyakit itu sendiri, yakni sembelit. Misalkan ada orang kegemukan langsung berobat dengan penurun lemak tanpa membersihkan kondisi ususnya, akibatnya selain tidak efektif (penyakit mudah balik lagi) terapi pun memakan waktu lama dan biaya yang lebih banyak.
Pentingnya memahami sembelit ini sejatinya bukan hal baru. Dalam dunia perobatan Islam Rasulullah Saw pernah menyampaikan bahwa "Perut itu rumahnya penyakit" artinya banyak penyakit bisa muncul ketika perut tidak bersih, penuh toksin (racun) bahkan terjadi sembelit. Ketika kondisi ini terjadi, pengobatannya pun makin susah. Para dokter sendiri menyampaikan bahwa segala pengobatan menjadi susah tanpa didahului dengan proses detoksifikasi" dan semua detoksifikasi berawal dari detoks usus alias terapi sembelit.



Lantas apa itu sebenarnya sembelit?
Sembelit merupakan suatu keadaan ketika seseorang tidak bisa BAB dengan SEMPUNRNA 2 KALI sehari. Dikatakan sempurna bila keadaan BAB sebagai berikut: tuntas/plong, feses (kotoran) warna kuning keemasan, bau omoniak tidak menyengat, feses lunak seperti pisang atau bulan sabit (tidak bulat seperti kotoran kambing atau tidak cair), feses mengambang karena cukup serat. BAB harus 2 kali karena transit makanan paling lama di usus hanyalah 12 jam, sehaingga sehari (24 jam) pembuangannya 2 kali. Jika tidak BAB 2 kali maka usus rawan terserang autointoxikasi.
Bgaimana jika BAB terlu sering )sehari lebih dari 2kali) atau BAB 2 kali sehari tetapi fesesnya tidak sempurna? Kedua keadaan ini juga masih dianggap sembelit. Yang pertama kategoriinya diare (mencret), hanya bagian cair dari feses yang dikeluarkan bagian pejalnya tidak, yang kedua kategorinya konstipasi (susah BAB).

Jangan remehkan sembelit karena sembelit bisa berakhir pada kematian mendadak, buktinya serangan angina pektoris adalah penyakit jantung karena angin. Angin bisa muncul dari kotornya usus.
Untuk membersihkan usus, silahkan lihat artikel Pembersihan usus (Detoksifikasi usus) di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman