Senin, 18 Juni 2012

Tips menuju Ramadhan yang menyehatkan

Bismillah

Tidak terasa tak sampai satu bulan lagi Ramadhan akan datang menyapa kita. Ramadahan merupakan bulan yang penuh barakah sehingga sayang kalau terlewatkan begitu saja. Di dalam Ramadahan ada Tarbiyah bagi jiwa, tarbiyah bagi akal (pikiran), dan tarbiyah bagi Fisik (kesehatan)
Berbicara tentang kaitan puasa dan kesehatan, para ahli medis sudah menguraikan hasil penelitiaannya tentang manfaat puasa terhadap kesehatan fisik. Namun demikian, kenapa masih banyak orang yang berpuasa tetapi tidak sehat malah banyak penyakit yang menimpa? Hal ini tidak lain karena banyak dari perilaku (tata cara puasa) yang salah baik dari segi arahan Rasulullah saw maupun ilmu kesehatan modern. Salah satu contohnya, tentang cara berbuka, kebanyakan orang berpuasa berbuka dengan cara balas dendam terhadap kehausan yang menimpanya sepanjang hari dengan cara minum sepuasnya es yang manis. Ini menyalahi prinsip berbuka Nabi juga kesehatan modern.
Nah, agar kita bisa sehat menjelang, saat dan setelah puasa Ramadhan, berikut ini tips yang bisa kita lakukan:

Menjelang Ramadhan:

  1. Biasanya makan secara teratur dan tidak terlalu kenyang di bulan sya'ban
  2. Perbanyak puasa sunnah di bulan sya'ban
  3. Rutin berolah raga ringan di bulan sya'ban
  4. BERBEKAM (AL HIJAMAH) pada tagl 17,19 atau 21Sya'ban
  5. Setelah berbekam lakukan colon cleansing sebelum masuk bulan ramadhan (caranya baca terapi detoks/pembersihan usus di blog ini)
Pada Saat Ramadahan:
  1. Niatkan diri dengan ikhlas puasa selam bulan Ramadhan penuh. Terdapat perbedaan efek kesehatan dari orang yang lapar menyerupai puasa (tidak berniat puasa atau lapar karena terpaksa) dengan orang yang sengaja puasa karena Allah Swt. Orang yang niat puasa karena Allah akan memunculkan sikap positif yang mengoptimalkan kerja hormon melatonin dan mencegah banyaknya hormon kortisol (hormon kanker) dalam tubuh.
  2. Lakukan sholat berjamaah di masjid bagi laki-laki, sholat sunnah dan sholat tarawih selama bulan ramadhan. Makin banyak gerakan sholat yang baik, makin maksimal manipulasi yang dilakukan pada saraf tulang belakang. Saraf ini selain berfungsi sbg koordinasi kerja seluruh saraf dalam tubuh juga berfungsi menghasilkan sel dara putih sebagai sel imun untuk melawan berbagai penyakit.
  3. Awali aktivitas puasa dengan mengakhirkan sahur. Rasulullah Saw menyunahkan untuk mengakhirkan sahur (minimal pukul 03.30 wib) agar selain kita cukup energi dalam berpuasa, mengakhirkan sahur juga akan memaksimalkan fungsi liver dan usus dalam membantu pencernaan. Jangan berlebihan dalam makan sahur dan tutuplah makan sahur dengan minum Spirulina/green palapa, Gamalife dan Madu Sunnah. Ketiga suplemen ini akan menjaga metabolisme tubuh sehari selam puasa.
  4. Berusahalah sholat jamaah shubuh di masjid, Saat berangkat ke masjid usahakan jalan kaki. ini sangat bermanfaat untuk mengatur sistem pernafasan dan aliran sistem limfatik.
  5. Selesai sholat shubuh jangan tidur lagi. Selain menyalahi larangan Rasul saw tidur setelah sholat shubuh juga bisa menurunkan tekanan darah dan mendatangkan banyak penyakit. 
  6. Pada saat berbuka, mulailah berbuka dengan buah kurma  jika tidak ada, minumlah air putih. Pergilah sholat maghrib berjamaah di masjid dulu sebelum makan untuk berbuka puasa. Stelah makan berbuka tutuplah dengan minum KOPI RADIX. Jangan tertipu dengan iklan bahwa saat berbuka adalah saat yang manis-manis. Iklan ini berbahaya. Perlu diketahui, bahwa pada saat seharian berpuasa (tidak makan tidak minum) suhu tubuh akan memanas sebagai akibat melubernya asam lambung ke seluruh tubuh (tubuh dalam keadaan asidosis). Makanya di awal puasa tubuh akan terasa lemas, pusing, dan mual. Melubernya asam lambung tersebut berfungsi sebagi detoksifikasi dengan cara menghacurkan sel-sel tubuh yang mengandung banyak toxin (racun) yang susah di keluarkan, Setelah sel dihancurkan kemudian akan diregenerasikan lagi agar tubu jadi sehat. Ketika tubuh dalam keadaan asidosis (asam) kemudian kita awali dengan minum manis (asam) dan es maka itu akan makin merusak tubuh. Mengawali (menyegerakan) berbuka dengan kurma menyehatkan karena kurma sifatnya alkali (basa) yang terbaik sehingga bisa menjadi penyeimbang keasaman tubuh selama puasa. Glukosa kurma juga baik untuk memulihakn energi selama puasa. Kurma juga kaya akan zat besi yang bisa mengatasi anemia akibat sehari tidak mengkonsumsi makanan apapun. Sedangkan air putih (jika kurma/koordial kurma tidak ada) berfungsi menteralkan asam lambung selama puasa tadi. Menutup puasa dengan KOPI RADIX juga sangat dianjurkan karena selain memiliki keseimbangan unsur Ibnu Sina yang dibutuhkan tubuh setelah hilang saat puasa, kopi radix juga kaya akan nutrisi untuk perbaikan sel.
  7. Untuk Menyempurnakan puasa, jangan lupa setelah sahur dan buka bersiwak dengan MISWAK HPA. Miswak terbuat dari ekstrak kayu siwak yang paling baik buat kesehatan mulut dan gigi. Miswak tidak mengandung flouride (berbahaya utk kesehatan, baca bahaya flouride di blog ini) dan tulang darin hewan yang diragukan secara syari'ah. Miswak pasta gigi yang halal, suci dan thoyyib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman